Senin, 10 September 2012

Film Dokumenter Radio Rimba Raya akan Diputar di PENTAS Kupang

Film dokumenter Radio Rimba Raya garapan Ikmal Gopi akan diputar dan menjadi bahan diskusi film sejarah dalam event Pekan Nasional Cinta Sejarah ((PENTAS) yang diselenggarakan oleh Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Dirjen Kebudayaan, dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 10-15 September 2012 mendatang di Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Melalui surat resminya Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya meminta agar Ikmal Gopi bersedia menjadi pembahasnya. Selain Ikmal, juga ada Mukhlis PaEni, Ketua Lembaga Sensor Film Kemendikbud yang ikut membahas film berlatar belakang tanah Gayo tersebut.
Acara ini akan diikuti oleh mahasiswa terbaik dari 33 Provinsi di Indonesia. Untuk PENTAS tahun 2012 panitia mengangkat tema “Merawat Ingatan dan Hikmah Sejarah dalam Memperkokoh ke Indonesia-an”.
Ikmal Gopi merupakan pria kelahiran Takengon, Aceh Tengah. Ia mengerjakan proyek film tersebut selama empat tahun, dan harus berkeliling Indonesia untuk mengumpulkan data dengan menggunakan biaya sendiri.
Film ini menceritakan tentang perangkat radio tua yang diberi nama Rimba Raya yang memiliki peran penting dalam proses kemerdekaan Indonesia. Ikmal merupakan alumni Ikatan Kesenian Jakarta. Hingga kini Ikmal terus berupaya agar film tersebut bisa menjadi salah satu kurikulum pendidikan sejarah di Aceh.
Film ini rencananya juga akan diputar di beberapa negara lain seperti Inggris, India dan beberapa negara di Eropa.[]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar