Selasa, 18 Oktober 2011

Malam Ini, Bupati dan Tokoh Bireuen Saksikan Film Sejarah


Saturday, 15 October 2011 16:10
Written by Jauhari S. /Lintasgayo

BIREUEN - Film documenter sejarah Radio Rimba Raya akan diputar dan disaksikan langsung oleh bupati Bireuen Drs H. Nurdin Abdurrahman dan para kepala Dinas, Muspida, para camat, pejuang, dan persatuan Wartawan Indonesia, dan masyarakat di kota juang Sabtu Malam (15/10) di Pendopo Bupati Bireuen, mulai pukul 20.00 WIB.

Pemuratan Film bernilai sejarah tinggi itu sengaja diputardi pendopo karena gedung tersebut erat kaitannya dengan SejarahRadio Rimba Raya.

“Film sejarah perjuangan rakyat Aceh mempertahankan kedaulatan RI itu akan diputar di Pendopo Bupati malam ini,” kata Darwansyah, Kabag Humas Setdakab Kabupaten Bireuen.

Film yang digarap sutradara muda Ikmal Gopi merupakan sebuah film sejarah yang dikerjakan dengan biayai pribadi. Pemutarannya di Bireuen sekaligus untuk menguatkan kembali peran sejarah tersebut yang melibatkan peran Bireuen yang begitu besar.

“Peran Bireuen dan Gayo sangat besar dalam sejarah perjuangan radio yang menyiarkan Indonesia itu masih ada kepada dunia. Apalagi salah satu pelaku sejarahnya adalah putra Bireuen, Kolonel Husin Yusuf,” kata Darwansyah lagi.

Sementara, Sutaradara film RRR Ikmal Gopi menyebutkan, inilah pertama kali film yang meraih nominasi Festival Film Indonesia (FFI) 2010 lalu itu diminta dan dilayani khusus oleh pemerintah, dalam hal ini pemerintah Kabupaten Bireuen. Inilah pertama kali perhatian tercurah kepada sejarah Radio Rimba Raya yang begitu besar.

“Saya terharu. Saya akan Bireuen bersama beberapa pemerhati sejarah perjuangan Radio Rimba Raya,” kata Ikmal singkat []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar