Kamis, 17 Maret 2011

Meluruskan Sejarah Aceh Lewat Film Dokumenter


Banda Aceh – Film dokumenter “Sejarah Perjuangan Radio Rimba Raya” karya Ikmal Gopi dapat menguak dan meluruskan sejarah-sejarah Aceh yang hilang dan tersembunyi. Demikian harap M Adly Abdullah dalam acara pemutaran film tersebut di aula gedung Pascasarjana IAIN Ar Raniry Banda Aceh, (16/3).

Acara yang bertajuk ‘Menguak Manipulasi Sejarah Aceh’ ini digelar oleh Senat Program Pascasarjana (PPs) IAIN AR-Raniry. Dihadiri pemateri Hasbi Amiruddin (guru besar IAIN Ar Raniry), M Adly Abdullah (pakar sejarah Aceh), Ikmal Gopi (Produser film dokumenter Radio Rimba Raya), dan Ihsanuddin (tokoh pemuda Aceh), serta diikuti seratusan peserta.

M. Adly Abdullah mengatakan, sekarang ini, banyak sejarah yang benar dianggap dongeng dan yang dongeng dianggap benar. “Radio Rimba Raya sangat berperan penting terhadap kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan radio ini, semua berita disampaikan ke seluruh masyarakat di seluruh dunia dan juga sebagai radio yang membantah semua pemberitaan radio Belanda mengenai Indonesia,” tambahnya.

Ide untuk membuat film dokumenter ini, kata Ikmal Gopi, sudah muncul sejak 2002. Tapi baru terealisasi pada 2006. Ia juga mengaku betapa sulitnya dalam mengumpulkan bahan untuk film ini. Kaerna buku-buku tentang sejarah Radio Rimba Raya susah didapatkan, “yang ada cuma di arsip RI. Dan gara-gara RRR, saya belajar sejarah sekarang,” kata Ikmal Gopi.

Ia juga mengharapkan agar sejarah Aceh harus dipelajari di sekolah-sekolah dan harus dimasukkan ke dalam kurikulum. “Minimal kurikulum lokal,” pungkasnya. [Hidayatullah]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar